Saturday, October 17, 2009

Blogger Mulai Diminati Sebagai Profesi

Fenomena blog yang semula menjadi media personal kini mulai beralih ke ranah profesi di Indonesia dengan bermunculannya blogger yang menghasilkan pendapatan dari iklan serta honor dari tulisan yang dirilis di blog pribadinya.

Country Editorial Yahoo Indonesia, Budi Putra, disela kegiatan peluncuran komunitas blogger Bekasi, di Bekasi, mengatakan, blog yang manfaat awalnya untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi selanjutnya dilirik oleh pemasang iklan untuk mengenalkan produk mereka serta perusahaan media online melalui hasil karya tulisan-tulisan yang bernilai informasi tinggi.

"Pertumbuhan jejaring blog secara pesat menjadikan seorang blogger yang sudah dapat nama dilirik pemasang iklan. Mereka menyadari perlunya lebih mengenalkan "brand name" produk mereka ditengah komunitas yang terdidik (well educated),".

Di Indonesia sudah 80-an blogger yang beralih menjadikan kesenangan berselancar dialam maya itu sebagai sumber panghasilan.

Trennya makin banyak orang yang melirik blog sebagai sumber penghasilan. Untuk sampai pada tahap menjadikan blog sebagai sumber penghasilan perlu waktu, kemauan dan wawasan luas,".

Agar blog banyak dikunjungi, ia memberikan tips agar memahami segmentasi pembaca dan memproduksi tulisan yang disenangi pembaca.

Komunitas blog di Indonesia terus berkembang pesat. Di pesta blogger, blog yang aktif di Indonesia mencapai satu juga lebih sementara yang terdaftar dilayanan blogspot lebih 10 juta.

Kedepan sejalan dengan makin banyaknya komunitas blogger, bisa saja muncul orang yang menekuni blogger sebagai sebuah profesi, laiknya profesi lain yang dikenal luas dimasyarakat.

No comments: