Monday, October 26, 2009

Enam Menteri Tinjau Gempa Sumbar

Padang - Enam menteri mendatangi Sumatra Barat untuk meninjau perkembangan terkini pascagempa berkekuatan 7,6 SR yang melanda wilayah tersebut pada Rabu 30 September.

Rombongan menteri tiba di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Kota Padang, sekitar pukul 11.00 WIB menggunakan pesawat Prime Air.

Keenam menteri tersebut, yaitu Menkokesra Agung Laksono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Sosial Salim Segaf Al Juprie, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Amalia Gumelar.

Keenam menteri tersebut dijadwalkan akan meninjau sejumlah lokasi yang terkena bencana gempa di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman.

Mereka juga direncanakan akan mengadakan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi terkait, termasuk di dalamnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengetahui perkembangan terkini.

Sementara itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif mengharapkan kedatangan enam menteri akan membantu percepatan tahapan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar.

Syamsul mengatakan, pada saat ini penanggulangan bencana di Sumbar sudah bersiap memasuki tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Tahapan rekonstruksi dan rehabilitasi akan dilakukan setelah tahapan tanggap darurat benar-benar tuntas," katanya.

Karena itu, kedatangan enam menteri diharapkan bisa membantu percepatan pelaksanaan tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi. (*)ant

No comments: