Friday, October 9, 2009

Getaran Gempa di Jabar Sampai Bengkulu

Bengkulu- Gempa yang mengguncang wilayah Sukabumi, Jabar Jumat dinihari, getarannya dirasakan warga Bengkulu sehingga mereka sempat bangun dari tidur dan keluar rumah.

"Saya terkejut ada getaran gempa, kebetulan baru saja ke kamar kecil, langsung membangunkan keluarga yang masih tertidur lelap," kata Zaidin (52) warga Pagar Dewa, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu.

Warga Kota Bengkulu begitu khawatir terhadap gempa itu karena mereka juga menyaksikan dampak gempa di Sumbar melalui televisi dan daerah itu juga pernah diguncang gempa dua kali gempa kuat beberapa waktu silam.

Gempa besar mengguncang Bengkulu pertama kali pada awal Juni 2000 dengan kekuatan 7,3 SR, kemudian pada September 2007 dengan kekuatan 7,9 SR, puluhan korban jiwa, ribuan rumah hancur dan kerugian mencapai ratusan miliar rupiah.

Informasi dari Badan Meteoroologi Kelimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa di Jabar Jumat pukul 01.56 WIB itu berkekuatan 5,2 SR berada pada episentrum 8.19 LS-107,22 BT, berkedalaman 11 Km atau 144 Km Tenggara Sukabumi.

Gempa itu getarannya dirasakan di Sukabumi antara II-III Modifed Mercalli Intensity (MMI)di Tasikmalaya dan Ciamis dan II MMI di Cisarua. (*) ant

No comments: