Wednesday, October 28, 2009

Malaysia Sumbang Rp10,8 miliar Buat Korban Gempa Sumbar

Kuala Lumpur :Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menerima sumbangan uang senilai 3,8 juta ringgit (Rp10,8 miliar) untuk membantu korban gempa bumi Sumatera Barat (Sumbar). Sumbangan itu hasil penggalangan dana perbankan CIMB bekerja sama dengan harian The Star.

Dubes RI untuk Malaysia Da`i Bahtiar menerima secara simbolis cek uang senilai 3.815.787 ringgit itu dari CEO CIMB Nazir Razak dan Managing Director harian berbahasa Inggris The Star Linda Ngiam, di Kuala Lumpur, Selasa (27/10). "Kami mengerahkan seluruh kantor cabang kami di Asean. Totalnya 1.150 kantor cabang dan kini dengan bangga kami sampaikan hasil penggalangan dana yang ditutup hari ini mencapai 3.815.787 ringgit," kata adik PM Malaysia Najib Tun Razak itu.

CIMB dan harian terbesar Malaysia The Star mulai membuka rekening penggalangan dana untuk gempa Sumbar pada 2 Oktober 2009. Rekening ditutup pada 27 Oktober 2009.

Dalam acara itu, para pengusaha kakap Malaysia menyerahkan sumbangannya secara simbolik kepada Nazir di antaranya ialah Managing Director PLUS Expressway, perusahaan jalan tol, dan Malakoff Corporation Bhd, masing-masing memberikan 50.000 ringgit. CEO Holding AirAsia Malaysia Tony Fernandes menyumbang 250.000 ringgit dalam bentuk kargo dan kursi gratis bagi segala bantuan dan relawan yang untuk membantu korban gempa di Sumatra Barat.

Dana bantuan itu akan dibagikan secara merata sebesar 10 persen untuk berbagai upaya bantuan korban gempa. Sisanya akan digunakan untuk membangun kembali sekolah di Padang dan Padang Pariaman. "Kami juga akan bekerja sama dengan mitra kami CIMB Niaga, Pemerintah Indonesia dan berbagai LSM untuk memastikan bantuan yang diberikan benar-benar sampai dan efektif," katanya seperti dilansir Antara.

Sebanyak 350.000 ringgit diberikan kepada LSM Malaysia Mercy. LSM itu sudah mulai membantu korban gempa setelah satu hari gempa terjadi. Mercy mengirimkan tim dokter dan perawat untuk membantu operasi korban gempa di rumah sakit Pariaman. LSM itu juga membuat Puskesmas keliling di kawasan Pariaman.

Dubes Da`i Bachtiar mengucapkan terima kasih banyak atas upaya yang dilakukan CIMB dan harian The Star. "Atas nama rakyat dan bangsa Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan semua ini," katanya.tvone

No comments: