Monday, October 12, 2009

Menakertrans Usulkan Transmigrasi Lokal Bagi Korban Gempa

Padang - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Erman Suparno mengusulkan dilakukan program transmigrasi lokal untuk korban gempa bumi di Kabupaten Agam dan Padang Pariaman, Sumatra Barat.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Sumbar, dalam rangka menyerahkan bantuan bencana alam gempa bumi ke Posko terpadi Penanggulangan Bencana Sumbar di Padang, Senin.Bantuan disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp228,7 juta, lima unit genset dan 10 ton beras serta tenaga ahli bidang struktur bangunan dan kelistrikan.

Menurut Erman, perlunya program transmigrasi lokal sebagai langkah merelokasi warga korban gempa di dua kabupaten tersebut.

Meskipun demikian, tambahnya, tentu harus ada kajian terlebih dahulu terhadap lokasi permukiman penduduk sekarang dan yang akan direncanakan tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, melihat kondisi kerusakan rumah warga di dua kabupaten itu, kemungkinan lokasi yang ditempati sekarang tak cocok untuk didirikan rumah atau bangunan lainnya.

Justru itu, tambahnya, perlu ada program transmigrasi lokal untuk mengatasi tempat tinggal warga yang rumah terkena bencana gempa.ant

No comments: