Saturday, October 24, 2009

Muhaimin Siap Tekan Pengangguran

Sabtu, 24 Oktober 2009 18:42 WIB

JAKARTA, - Pemerintah mematok target pengurangan jumlah pengangguran menjadi 6 persen pada tahun depan dari 8,3 persen yang ditargetkan pada tahun ini.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu jilid II Muhaimin Iskandar di sela-sela rapat koordinator di Kantor Menko Perekonomian sore ini (24/10).

Menurutnya, untuk menekan angka penggangguran tersebut, pihaknya akan menaikkan anggaran yang dialokasikan untuk pengurangan pengangguran pada APBN 2010 sekitar 25-50 persen.

"Kita miliki target kenaikan anggaran untuk pengurangan pengangguran pada 2010 sebesar 25-50 persen itu sudah bagus," cetusnya.

Muhaimin menambahkan untuk mengatasi pengangguran, pemerintah juga akan melakukan pembenahan penempatan tenaga kerja di luar negeri. Diperkirakan, tenaga kerja di luar negeri dapat bertambah menjadi 5 juta tenaga kerja.

Luar negeri itu saja formal 2,5 juta dan 6 juta sektor informal, jadi sekitar 5 juta sudah bagus itu," jelas Muhaimin.

Muhaimin menyatakan dengan pembangunan infrastruktur, maka penyerapan dan penyaluran tenaga kerja akan naik cukup signifikan. Namun, para menteri sepakat untuk tidak membuat target yang terlalu berlebihan.

"Pembangunan infrastruktur merupakan yang paling efektif untuk penyerapan tenaga kerja. Saya belum memastikan berapa, tapi sudah disepakati targetnya tidak boleh muluk-muluk," jelas Muhaimin.

No comments: