Saturday, October 17, 2009

Sebanyak 16 Calon Menteri Jalani Tes Kesehatan

Jakarta - Enam belas calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu kedua, Minggu (18/10) pagi akan menjalani serangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.Pemeriksaan kesehatan terhadap 16 calon menteri tersebut dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB, kata Ketua Tim Penguji Kesehatan Brigjen dr Supriyantoro di Jakarta, Minggu.

"Kami hanya memeriksa kesehatan para calon menteri dan melaporkannya langsung kepada Presiden," ujarnya.Hasil tes kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan sepenuhnya bagi Presiden, apakah calon bersangkutan akan tetap menjadi menteri atau diganti dengan calon lain.

"Diganti dengan calon lain jika kondisi kesehatannya dianggap tidak memungkinkan, dikaitkan dengan tugas yang akan diembannya," tuturnya.

Tim penguji kesehatan calon menteri ditunjuk langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasar Kepres RI Nomor 29/2009 tentang Pembentukan Tim Penilaian Kesehatan Calon Menteri.

Tim penguji kesehatan calon menteri berjumlah 45 orang terdiri atas 29 dokter pemeriksa dan 16 dokter pendukung. Dokter pendukung di antaranya berkedudukan sebagai ketua, wakil ketua, koordinator tim pemeriksa, koordinator tim pengamanan dan koordinator tim protokoler.

"Protokoler diperlukan karena di antara calon menteri yang dites ada menteri yang masih menjabat. Jadi, kita atur protokolernya," kata Surpriyantoro.

Sementara itu, dokter pemeriksa terdiri atas spesialis kesehatan jiwa, spesialis penyakit dalam, spesialis mata, spesialis THT, spesialis syaraf, spesialis jantung, spesialis paru-paru, spesialis bedah, spesialis saluran kencing, spesialis kebidanan, spesialis radiologi, dokter gigi dan mulut, spesialis patologi klinik, dan spesialis patologi anatomi.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono bersama Boediono, sepanjang Sabtu (17/10) memanggil 16 calon menteri yang bakal duduk sebagai anggota Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.

Pemanggilan calon menteri dilakukan di rumah pribadi Presiden di Puri Indah Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Pemanggilan dilakukan secara maraton, dari pagi hingga malam hari.Ke-16 calon menteri yang telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan serta akan menjalani tes kesehatan adalah mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Pur) Djoko Suyanto, Hatta Radjasa, Andi Mallarangeng, Sudi Silalahi, Sri Mulyani, Mari Elka Pangestu, Muhammad Nuh, Suryadharma Ali, Agung Laksono, Jero Wacik, Gamawan Fauzi, mantan Kapolri Jenderal Pol (pur) Sutanto, Syarif Hassan, Tifatul Sembiring, Asegaf Salim Al Jufrie, dan Muhaimin Iskandar.(*) ant

No comments: