Wednesday, July 1, 2009

Kamis Malam, Debat Capres Putaran Terakhir

Jakarta,- Debat antarcalon presiden (capres) 2009 putaran ketiga atau terakhir akan diselenggarakan, di Jakarta, Kamis malam (2/7) dengan tema "Negara Kesatuan RI, Demokrasi, dan Otonomi Daerah"

.Debat yang akan dipandu oleh moderator Pratikno ini berlangsung di Balai Sarbini mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB dan ditayangkan langsung oleh salah satu televisi swasta di Indonesia.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha mengatakan debat kali ini berbeda dibandingkan dengan yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

Format debat antarcapres putaran terakhir ini diubah sehingga berbeda dari yang lalu.Jika pada debat yang lalu sesi pendalaman visi misi setiap calon oleh moderator masuk dalam sesi kedua, maka tidak demikian pada debat yang akan diselenggarakan malam ini.


Sesi kedua tersebut dihapuskan dan langsung masuk pada sesi ketiga yaitu debat antarcalon.Tujuan dihilangkannya sesi kedua yang diisi dengan pertanyaan dari moderator yang kemudian dijawab oleh seluruh calon ini adalah untuk menciptakan suasana yang lebih dinamis.

Dengan dihilangkannya sesi pendalaman oleh moderator tersebut maka sesi ketiga yaitu debat antarcapres menjadi lebih panjang."Dengan dihilangkannya sesi pendalaman oleh moderator tersebut maka sesi ketiga yaitu debat antarcapres menjadi lebih panjang. Diharapkan suasana menjadi lebih dinamis dan hangat," ujarnya.

Selama sesi debat, moderator akan melontarkan enam pertanyaan pada capres yang kemudian langsung ditanggapi oleh calon lainnya. Moderator debat juga diharapkan dapat mengatur pertanyaan kepada capres sedemikian rupa sehingga mencapai klimaks pada pertanyaan terakhir.

"Kita minta kepada moderator agar memberikan pertanyaan yang terus meningkat, klimaksnya pada pertanyaan terakhir," katanya.Debat antarcapres ini akan menutup rangkaian debat yang diselenggarakan KPU yang bekerjasama dengan stasiun televisi swasta di Indonesia.

Sebelumnya debat antacapres pertama dilaksanakan pada 18 Juni dengan tema mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta menegakkan supremasi hukum dan hak asasi manusia.

Setelah itu, dilaksanakan debat cawapres pertama pada 23 Juni dengan tema membangun jati diri bangsa.Selanjutnya, debat antarcapres putaran kedua yang diselenggarakan pada 25 Juni denga tema mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Pada 30 Juni lalu, dilaksanakan debat antacawapres putaran kedua atau terakhir dengan tema meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia (ant)

No comments: