Wednesday, July 15, 2009

Obama Beri Ucapan Selamat Pada SBY

Jakarta ( Berita ) L: Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi ucapan selamat kepada Susilo Bambang Yudhoyono atas kemenangannya pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 melalui pernyataan resmi yang dilansir oleh Gedung Putih.

Juru bicara kepresidenan bidang hubungan luar negeri, Dino Pati Djalal, ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu [15/07], mengatakan sampai saat ini belum ada hubungan komunikasi langsung melalui telefon antara Presiden Obama dan Yudhoyono.

“Presiden Obama mengucapkan selamat kepada Yudhoyono melalui pernyataan pers khusus yang dikeluarkan oleh Gedung Putih. Sampai saat ini belum ada ucapan selamat secara langsung melalui komunikasi telefon antara Obama dan Yudhoyono,” tutur Dino.

Meski demikian, Dino menyakini Obama pasti akan mengucapkan selamat kepada Yudhoyono melalui telefon menyusul pernyataan pers tersebut karena saat ini sudah ada pihak dari Gedung Putih yang menghubungi Indonesia untuk maksud tersebut.“Kita masih menantikan ucapan selamat secara langsung dari Obama,” ujarnya.

Dino menyebut ucapan selamat dari Obama melalui pernyataan pers itu sebagai ucapan selamat gaya baru yang justru menunjukkan perhatian besar Amerika Serikat kepada Indonesia.

“Ucapan selamat ini disampaikan secara luas kepada publik, bukan hanya hubungan pribadi melalui telefon. Ini menunjukkan perhatian besar kepada Indonesia,” katanya.

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan Gedung Putih, Obama menilai kemenangan Yudhoyono sangat mengesankan pada Pemilu Presiden yang digelar Indonesia 8 Juli 2009.

Selain mengucapkan selamat secara pribadi, Obama menyampaikan harapannya dengan terpilihnya kembali Yudhoyono untuk memimpin Indonesia selama lima tahun mendatang, hubungan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat lebih dipererat.

Ia juga memuji kekuatan dinamisme demokrasi di Indonesia yang ditandai oleh tingginya partisipasi pemilih dan keterlibatan organisasi sipil serta pemberitaan media massa selama proses pemilu.

Obama menilai Indonesia semakin berperan besar dalam mempromosikan demokrasi, kekuatan sipil, serta perdamaian, tidak hanya di lingkungan Asia namun juga di tingkat dunia. ( ant )

No comments: