Saturday, July 4, 2009

KPU Madiun Mulai Distribusikan Logistik Pilpres 2009

MADIUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), mulai mendistribusikan logistik Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), Sabtu (4/7).

Anggota KPU Madiun, Divisi Logistik, Suharyono mengatakan, logistik yang didistribusikan meliputi, kotak suara, bilik suara, surat suara, dan semua keperluan pilpres lainnya. Pendistribusian tersebut dengan mengerahkan lima unit kendaraan truk yang disebarkan ke masing-masing kecamatan secara bergilir.

“Kami harus mulai pendistribusian logistik pemilu dari sekarang. Sebab jika tidak demikian, dikhawatirkan nanti waktu pengiriman terlalu mepet dengan pelaksanaan pemilu. Hingga Sabtu (4/7) siang ini kita telah menyelesaikan sepuluh kecamatan,” ujarnya.

Menurut Suharyono, sepuluh kecamatan tersebut meliputi, delapan kecamatan di Kabupaten Madiun sebelah utara dan timur, yakni, Kecamatan Kare, Gemarang, Saradan, Pilangkenceng, Wonoasri, Balerejo, Sawahan, dan Mejayan.

“Sedangkan dua lainnya merupakan kecamatan di daerah Kabupaten sebelah selatan. Yakni Kecamatan Dolopo dan Geger. Dengan demikian masih tersisa lima kecamatan lagi,” katanya.
Diperkirakan pendistribusian seluruh logistik pilpres di Kabupaten Madiun akan selesai pada Minggu (5/7) besok atau H-3 jelang pelaksanaan pilpres.


“Kalau bisa ya diselesaikan pada hari ini juga. Namun, jika waktunya sudah sore maka dipastikan pada H-3 atau Hari Minggu besok seluruh logistik pilpres telah didistribusikan ke tingkat PPK. Setelah itu, tingkat PPK yang akan mengirimkan ke TPS pada H-1,” kata Suharyono menerangkan.

Sedangkan untuk jumlah kebutuhan logistik pemilu di Kabupaten Madiun, yang didistribusikan, meliputi, surat suara sesuai DPT dan cadangan sebanyak 578.000 surat suara, 2.748 kotak suara, 5.496 bilik suara, 2.748 botol tinta, dan sejumlah logistik keperluan administrasi pilpres.

Pihaknya, tambah Suharyono, juga telah menerima logistik pilpres untuk pemilih tuna netra (template) sebanyak 2.000 buah. Alat ini juga telah didistribusikan bersamaan dengan logistik lainnya.

Nantinya, dari 1.374 TPS yang ada, masing-masing akan menerima satu buah template. Penyediaan alat ini guna mengantisipasi jika pada hari H pilpres nanti ada pemilih penyandang tuna netra yang hendak menyalurkan hak pilihnya.

Pilpres di Kabupaten Madiun nantinya akan diikuti oleh sebanyak 567.808 pemilih. DPT untuk pilpres tersebut bertambah dari DPT Pemilu Legislatif April lalu yang hanya berjumlah sebanyak 567.139 pemilih. ant

No comments: