Sunday, November 1, 2009

Warga Bawean Di Wilayah Ampang Adakan Lomba Kercengan Ber-Irama

Para Tokoh Bawean Yang Menghadiri Acara Lombah Kercengan
Peserta Yang Paling Cilik Sekali Dari Sebelas Group Lombah ( Wong cilik ini kalau didik betul-betul akan menjadi hebat nantinya )
Para Peserta Menunggu Giliran untuk tampil
Para Juri Lombah,Yang Kelihatan Saudara Sakdallah Bersongkok Hitam Ketua Juri Perlombaan
Warga Bawean Sedang dengan Asiknya menyaksikan Lombah Kercengan Di Halaman Gedung Serbaguna Lembah Jaya Ampang Selangor.

Kuala Lumpur : Pada kebiasaan warga Bawean yang bekerja di Malaysia ,jika waktu libur atau tidak bekerja selalunya ada saja aktifitas yang di lakukan.Maklumlah orang Bawean tidak biasa kalau hanya duduk diam di rumah.

Ini terbukti dari hasil liputan Epung pada hari Ahad 1/11/09 di Lembah Jaya ,warga Bawean yang tinggal di wilayah Ampang mengadakan lomba kercengan irama.

Lomba kercengan tersebut di sponsore oleh Bapak Hj.Suparno warga Kepu Lagundi Kecamat Sangkapura yang sudah lama menetap di Malaysia dan Babussallam,Ungkap Hasan Jali yang sehariannya bekerja sebagai guru agama.

Lomba kercengan yang di adakan di depan gedung serbaguna Lembah Jaya Selangor ,di ikuti oleh empat belas grup kercengan Bawean yang ada di sekita Wilayah Ampang,Kata Suherman Helmy Panitia perlombaan .

Menurut panitia ,"aktifitas lomba kercengan sudah menjadikan kegiatan tahunan oleh warga Bawean yang bermistatun di Malaysia".

Meskipun mereka sibuk dengan kerja ,namun tidak pernah mengalpakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk dapat mendidik generasi Bawean tentang kebudayaan Bawean . Selalu grup-grup kercengan ,samrah atau samman di tampilkan bilah ada majlis hetanan atau kawin jika ada undangan.

Kebanyakan grup kercengan adalah anak-anak warga Bawean yang lahir di Malaysia,sedangkan pimpinan atau guru kercengan yang kabanyakan bapaknya sendiri yang mendidik anak-anak.Mereka selalu berlatih sesama sendiri,yang pasti gurunya adalah orang Bawean sendiri ,kata Hasan lagi.

Lomba kercengan irama itu boleh di katakan kesemuanya hampir sama, irama dan gerak tangan dan lagu yang di mainkan.Banyak warga Bawean yang menyaksikan lombah kercengan itu,mereka datang dari Wilayah Kuala Lumpur dan Wilayah Selangor.

Pada kebiasaanya warga Bawean jika ada kegiatan seperti ini akan bertemu sesama warganya,maklumlah mereka pada sibuk bekerja dan jarang sekeli untuk ketemu.

Dari apa yang epung temukan di lokasi lombah kercengan ,epung bertemua warga Bawean yang tidak pernah pulang ke Bawean meskipun sudah 30 tahun merantau ke Malaysia.Beliau berkeinginan pulang juga ke Bawean dan ingin melihat sejahu mana perkembangan Bawean,katanya.


Kembali ke pada lomba kercengan,grup yang ikut serta dalam lombah kercengan itu dari dua Kecamatan di Bawean yaitu kecamatan Sangkapura dan Tambak .

Boleh di katakan warga Bawean timur yang banyak ikut lombah,namun warga Bawean bahagian barat tidak ada sekali,contohnya: Kumalasa ,Pudakit ,Suwari Dan di Katagung,tidak kelihatan di lokasi perlombaan.

No comments: