Friday, November 27, 2009

Depnakertrans buka bursa kerja ‘online’

JAKARTA - Pemerintah membuka 146 lokasi Bursa Kerja Online (BKOL) di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Program Aksi Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP).

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, Program Aksi GPP bertujuan untuk menanggulangi pengangguran, penciptaan iklim ketenagakerjaan yang kondusif, dan perluasan lapangan kerja baru.

"Pelaksanaan Program Aksi GPP ini meliputi berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia," katanya di Jakarta hari ini.

Dia menuturkan, salah satu isu ketenagakerjaan yang dihadapi Indonesia adalah ketidakseimbangan pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang ada. Ketidakseimbangan ini disebabkan terbatasnya penyerapan tenaga kerja dan ketidaksesuaian antara kualitas tenaga kerja dengan persyaratan jabatan yang ada.

Karena itu, lanjut Muhaimin, dibutuhkan kerja sama yang erat antara pemerintah pusat, daerah, serta dunia usaha agar secara bersama-sama melakukan perluasan kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, menciptakan iklim usaha yang kondusif serta terjalinnya hubungan yang harmonis antara pengusaha dan pekerja.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya ke Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhaimin memberikan alokasi dana Program Aksi GPP yang terdiri dari dana dekonsentrasi bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian serta dana tugas pembantuan dengan jumlah total sebesar Rp 47,321 miliar. Dana ini dialokasikan untuk mendukung berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang meliputi kegiatan padat karya infrastrukturdanproduktif, pemberdayaan masyarakat mandiri, gremeen bank.wsp

No comments: