Tuesday, November 17, 2009

Kabar Dari NTB :NTB Resmi Miliki 10 Persen Saham Newmont

Mataram - Pemerintah Provinsi NTB resmi memiliki 10 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara(NNT) tahun 2006-2007 setelah penyerahan surat saham dan transfer pembayaran 391 juta dolar AS di Jakarta, Senin malam (16/11).

Direktur Utara PT Multi Daerah Bersaing (DMB) Andy Hadianto di Mataram, Selasa, mengatakan PT DMB yang merupakan perusahaan konsorsium dari PT Multi Capital dan PT Daerah Maju Bersaing (MDB) telah menyerahkan pembayaran 10 persen saham sebesar 391 juta dolar AS, sedangkan PT NNT menyerahkan bukti kepemilikan saham.

"NTB sudah resmi menjadi pemilik 10 persen saham PT NNT setelah penyerahan pembayaran saham sebesar 391 juta dolar AS, dan PT NNT menyerahkan bukti surat kepemilikan saham," kata Andi yang juga Kepala Bagian Humas Pemprov NTB.

Ia mengatakan dengan kepemilikan saham tersebut, maka Pemrov NTB melalui PT MDB bisa menempatkan wakil atau masuk di jajaran direksi PT NNT, selain itu juga akan menerima dana kontribusi sebesar 38 juta dolar AS serta dividen dari PT Multi Capital sebesar Rp40 miliar.

Menurut dia, soal pembagian dana tersebut, pola pembagian dividen akan dibahas lebih lanjut dengan Pemkab Sumbawa Barat dan Sumbawa untuk menentukan berapa bagian masing-masing.

Mengenai saham 14 persen tahun 2008-2009, Andi mengatakan, kini sedang dalam proses, dan diharapkan selesai tepat waktu pada 23 November 2009 sehingga 24 persen saham PT NNT menjadi milik Pemprov NTB.

"Kami mengharapkan proses pembahasan 14 persen saham PT NNT tahun 2008-2009 bisa berjalan mulus, tidak menghadapi berbagai hambatan seperti sebelumnya," katanya.

Andi mengatakan, dengan dimilikinya saham PT NNT tersebut, baik Pemprov NTB maupun Pemkab Sumbawa Barat dan Pemkab Sumbawa akan mendukung upaya pengembangan perusahaan dan setia kebijakan yang diambil diputuskan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). (*)ant

1 comment:

IBU RISKA said...
This comment has been removed by a blog administrator.