Tuesday, November 24, 2009

Kader Muda NU Pertegas Eksistensi Ormas Keagamaan

Tangerang, NU Online

Setelah pemilu legislatif dan presiden, GP Ansor akan kembali ke eksistensinya sebagai organisasi masyarakat sosial dan keagamaan. Hal tersebut dikatakan oleh sekretaris PC GP Ansor Hilman, seusai dilantik untuk periode kepengurusan 2009-2013, Ahad (22/11). Hilman tidak menampik pada saat dua pesta demokrasi itu, para kader otonom ikut terlibat politik praktis.

"Yang jelas meski demikian, para kader ataupun pengurus tidak membawa nama organisasi, melainkan pribadi, '' tegas Hilman.

Untuk saat ini dan ke depan, lanjut Hilman, para pengurus dan kader badan otonom NU tak dilarang untuk terjun ke politik praktis. Namun, lembaganya jangan sampai ikut terseret.

"Untuk ke depan, Generasi muda NU harus dapat mempertegas eksistensinya sebagai organisasi masyarakat, sosial, dan keagamaan," tambah Hilman..

Pelantikan pengurus GP Ansor dibarengi dengan badan otonom NU lainnya, yakni Fatayat NU untuk periode 2009-2013, Ikatan Pelajar NU (IPNU) untuk periode 2009-2011, dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) untuk periode 2009-2011, yang digelar di Gedung Cisadane, Kota Tangerang.

Hilman mengakui, pada Pemilu 2009 lalu, kader pemuda di badan otonom NU ini terjun ke politik praktis. Mereka menyebar di sejumlah partai politik, seperti PKB, PKNU, dan Partai Golkar.

"Komitmen kami, setelah Pemilu lalu, para generasi muda NU untuk kembali ke khittahnya. Organisasi tidak boleh terseret ke politik," ungkap Hilman.

Untuk mewujudkan kembali ke khittah tersebut, langkah pertama organisasi setelah pelantikan ini adalah konsoilidasi internal.

"Selain mempertegas sebagai organisasi masyarakat, kami juga akan menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi yang kritis dan peduki terhadap daerah," tandasnya.

Sementara, Walikota Tangerang Wahidin Halim berpesan agar generasi muda NU mempertahankan silaturahmi. Selain itu, generasi muda NU juga harus peka terhadap lingkungan.

Hadir dalam kegiatan ini, pengurus NU Kota Tangerang, pengurus wilayah Kota Tangerang, anggota DPD RI yang juga kader NU Abdurrahman, dan Kepala Disporabudpar Kota Tangerang Tabrani (zen)

No comments: