Saturday, November 21, 2009

TOKOH BERPENGARUH DUNIA:Hasyim Muzadi: Yang Hebat Bukan Saya, Tapi NU

Jakarta:Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi mengaku telah mendengar namanya menempati peringkat 18 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi Royal Islamic Studies Center Yordania dalam buku “The 500 Most Influential Muslims”.

“Saya sudah mendengar dari media massa dan ada beberapa orang yang bilang,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Jakarta, Jumat (20/11).

Namun, pengasuh pondok pesantren Al Hikam Malang dan Depok ini tetap merendah atas pengakuan dunia terhadap kiprahnya itu. “Itu pemeringkatan orang di dunia, kalau pemeringkatan Allah dan akhirat kan lain,” kata mantan Ketua PWNU Jatim ini.

Menurutnya, ada pemeringkatan atau tidak, dirinya akan berbuat yang terbaik demi kemaslahatan Islam. Di balik penghargaan itu, katanya, yang hebat sebenarnya NU, bukan dirinya. “Ini perlu disyukuri, tapi ini semua sebenarnya berkahnya NU,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, selama ini ia memang aktif keliling dunia untuk menyampaikan gagasan-gagasan NU demi tercipatnya perdamaian dan kedamaian dunia.

“Kalau sekarang dunia mengakui saya, itu sebenarnya pengakuan dunia terhadap NU,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Hasyim Muzadi masuk daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Khusus untuk Top 50, dari Indonesia hanya ada tiga nama, yakni KH Hasyim Muzadi pada peringkat 18, lalu Din Syamsuddin peringkat 35, dan KH Abdullah Gymnastiar (48).

Tokoh lain yang masuk dalam 500 tokoh muslim berpengaruh, adalah mantan presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), penulis dan tokoh sastra Indonesia, Helvy Tiana Rosa, pengusaha muslim Haidar Bagir dan tokoh perempuan Tutty Alawiyah. (mad SUMBER nu online )

No comments: