Wednesday, November 4, 2009

Raker Perdana Menakertrans Bahas TKI

JAKARTA, Rapat kerja perdana Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Rabu (4/11), banyak membahas masalah TKI. Muhaimin didampingi pejabat eselon I Depnakertrans, Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga, serta Direktur Operasi dan Pelayanan Jamsostek Ahmad Ansyori. Adapun DPR dipimpin Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning dan dihadiri 28 anggota.

Raker antara lain membahas realisasi anggaran Depnakertrans 2009 dan pagu anggaran 2010, perlindungan TKI di luar negeri, pelayanan pemulangan TKI di dalam negeri, hak pekerja TPI dan Angkasa Pura I, serta ketransmigrasian. Pemerintah mengharapkan dukungan DPR dalam periode lima tahun ke depan.

Dalam raker, Okky Asokawati dari Fraksi PPP mempertanyakan penanganan TKI bermasalah dan mereka yang hamil di penampungan di luar negeri. Menurutnya, pemerintah harus menyediakan perlindungan yang optimal bagi para tenaga kerja yang menyumbang devisa ke negara tersebut.

Adapun anggota Komisi IX dari Fraksi PKS, Zuber Safawi, mendesak Menakertrans agar menertibkan PJTKI yang nakal. "Pemerintah harus bertindak tegas agar pelayanan TKI bisa berjalan optimal," katanya.

No comments: