Wednesday, November 18, 2009

Idul Adha Ditetapkan Jatuh Pada Jum’at 27 November

Jakarta, Sidang Itsbat Awal Bulan Dzulhijjah 1430 H di kantor Departemen Agama Jakarta, menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari ini, Rabu 18 November 2009. Dengan demikian hari raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijjah 1430 H akan jatuh pada hari Jum’at, 27 November.

Ketetapan ini didasarkan pada hasil rukyatul hilal yang dilakukan di Bukit Condro Dipo Gresik oleh tim Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU). Hilal berhasil disaksikan oleh H M. Inwanuddin (32) dan Samsul Fuad (41).

Dalam sidang itsbat dilaporkan bahwa kedua saksi itu telah disumpah oleh Pengadilan Agama setempat. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Drs H Nurul Huda.

Sidang yang dipimpin Dirjen Bimas Islam Depag, KH Nasaruddin Umar, dibuka pada pukul 10.00 WIB. Sidang ini dihadiri oleh para anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Depag dan perwakilan ormas Islam di Indonesia.

Berdasarkan hasil rukyatul hilal ini berarti semua ormas Islam di Indonesia akan menjalankan shalat Idul Adha pada hari yang sama.

”Kita bersyukur bahwa umat Islam di Indonesia baik yang berdasar pada hisab saja atau hisab dan rukyat seluruhnya akan menrayakan Idul Adha pada hari yang sama,” kata Nasaruddin Umar kepada NU Online usai sidang itsbat.

Ditanya mengenai kemungkinan ada beberapa kelompok minoritas Islam yang biasa merayakan Idul Adha pada hari yang berbeda karena memakai metode penetapan awal bulan yang berbeda, menurut Nasar, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai adanya perbedaan ini.

”Kalau pun ada itu tidak menjadi masalah, karena mereka hanya minoritas dan hanya di tempat tertentu. Biasanya juga shalat dilakukan secara diam-diam. Kita juga tetap saling menghargai,” pungkasnya. (nam) nu online

No comments: