Saturday, June 14, 2008

Caleg PKB Mendatang 70 Persen Dari NU

DPP PKB hasil MLB Ancol bergerak cepat setelah Muhaimin Iskandar dan Lukman Edy menang gugatan di PN Jakarta Selatan dan dikembalikan kedudukannya sebagai ketua umum dan Sekjen DPP PKB.

Rabu (18/6) depan kubu Muhaimin akan membuka pendaftaran calon legislatif DPR RI.Langkah itu dilakukan karena jadwal pendaftaran caleg di KPU juga semakin dekat, yakni akhir Juli bulan depan.

Pendaftaran caleg itu dilakukan secara terbuka pada 18 Juni 2008 di kantor Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB di Jalan Sukabumi, Jakarta Pusat.

''Kami akan menjaring caleg, komposisinya 70 persen NU dan 30 persen umum,'' kata Muhaimin usai menghadiri wisuda di Pondok Pesantren Al-Manar Azhari pimpinan KH Manarul Hidayah yang juga anggota Dewan Syura DPP PKB kemarin (14/6).

Menurut Muhaimin, siapa pun boleh mendaftar sebagai caleg dari PKB. Termasuk kader PKB yang selama ini mendukung MLB Parung. ''Nanti mulai 10 Juli mereka yang mendaftar mengikuti uji kelayakan dan kepatutan,'' kata wakil ketua DPR itu.

Para bakal caleg itu akan diuji akhlak, kemampuan retorika, lobi, dan pengetahuan politiknya. Akhir Juli nanti mereka yang lolos fit and proper test didaftarkan ke KPU.Muhaimin berharap, sebelum ada putusan kasasi MA, KPU dan Depkum HAM mendasarkan pada putusan PN Jakarta Selatan.

''Senin (16/6) kami akan ke Depkum HAM dan KPU untuk mengurus semuanya,'' kata ketua umum parpol terpopuler ketiga setelah Megawati Soekarnoputri dan Jusuf Kalla berdasarkan survei Lembaga Riset Informasi (lri ) itu

No comments: