Saturday, June 21, 2008

PKB Ancol Terus Merapat ke PB NU


Jajaran DPP PKB hasil MLB Ancol terus merapat ke PB NU. Kemarin petinggi partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu kembali menemui Ketua Umum PB NU Hasyim Muzadi di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya.Muhaimin datang bersama Sekjen Lukman Edy dan Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Erman Suparno.
Sejumlah anggota DPR dari FKB juga hadir. Mereka, antara lain, A. Helmy Faishal Zaini, Marwan Ja'far, Nursyahbani Katjasungkana, Fuad Anwar, dan Bachroedin Nasori. Menurut Muhaimin, kedatangannya ke PB NU untuk menyinergikan kegiatan PKB dengan NU.
''Kami bergerak cepat untuk mendapatkan masukan sebanyak-banyaknya dari berbagai kalangan, terutama NU,'' kata Muhaimin tadi malam.Selain itu, kata Muhaimin, dirinya meminta masukan dan nasihat kepada Hasyim sebagai pimpinan NU yang merupakan basis massa PKB. ''PKB itu kan dilahirkan NU.
Segala langkah kami harus sinergi dengan NU,'' kata wakil ketua DPR RI itu.Kepada petinggi PKB, Hasyim menyampaikan pesan agar PKB harus segera memperbaiki diri. PKB harus menjaga amanah rakyat. Sebagai representasi umat, PKB harus jelas: dari umat dan keberadaannya pun harus untuk umat.
''Kalau sekarang, kan tidak jelas,'' ungkap Hasyim.Menurut Hasyim, jika amanat itu tidak diindahkan, kepercayaan rakyat kepada PKB akan terus menurun. Hasyim mengaku melihat tanda-tanda munculnya ketidakpercayaan rakyat itu.
''Tidak hanya kepada PKB. Rakyat juga mulai tidak percaya lagi kepada partai lain,'' katanya. Menurut Hasyim, PKB harus memperbaiki sistem kepemimpinan. Sebab, saat ini kepemimpinan di PKB tidak berfungsi dengan baik.
Padahal, kepemimpinan adalah faktor utama dalam menjaga stabilitas kinerja partai. Hal lain yang harus diperhatikan partai yang didirikan para kiai dan ulama itu adalah intensitas dan kualitas pengabdian kepada umat.
PKB memang berangkat dari golongan. Tapi, tujuannya harus untuk umat. ''Jadi, setiap kader PKB, entah itu di legislatif atau di eksekutif, harus bekerja untuk umat, untuk rakyat,'' jelas Hasyim.(tom/mk)

No comments: