Saturday, June 14, 2008

Pak Wir Ingin Berkoalisi Dalam Pemilu 2009?

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) semakin percaya diri menjelang Pemilu 2009. Meski masih menunggu hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU terhadap partai-partai calon peserta pemilu, Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto memastikan partai yang dipimpinnya akan melakukan koalisi dengan partai lain.

Menurut Wiranto, tak ada satu pun kekuatan politik yang bisa menjadi mayoritas tanpa koalisi. "Koalisi? Pasti. Di negeri ini mana ada satu kekuatan politik yang bisa membangun mayoritas tanpa koalisi. Sedangkan mayoritas itulah yang dibutuhkan untuk stabilitas politik atau membangun satu kepemimpinan yang tegas dan kuat," ujarnya saat ditemui menjelang

Pelantikan Pemuda dan Perempuan Hanura DKI Jakarta di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (14/6).
Pemimpin yang kuat, jelas Wiranto, adalah pemimpin yang mendapat dukungan kuat di parlemen dan grass root. "Pemimpin yang tegas, pemimpin yang bersangkutan mempunyai kapasitas pribadi karena dibutuhkan untuk mengambil keputusan-keputusan penting," tuturnya.

Dengan partai mana Hanura akan berkoalisi? "Belum tahu dengan siapa (partai mana), kita lihat nanti," kata Wiranto. Saat ditanya, sejauh mana keyakinannya tentang peluang mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2009 mendatang, Wiranto kembali menegaskan akan menunggu hasil verifikasi aktual KPU.

Pengumuman hasil verifikasi akan dilakukan KPU pada 5 Juli mendatang. "Setelah verifikasi faktual selesai, baru bisa mengukur seberapa besar Hanura punya peluang untuk mengajukan capres," ujarnya.

No comments: