Wednesday, June 11, 2008

Lagi Tkw Di Pulangkan Dari Malaysia Sakit Berat(TKW Asal Ngawi)

Lagi, seorang TKW dipulangkan dalam kondisi sakit berat.TKW yang diketahui bernama Winarti, 19,asal Dusun Keras Wetan, Desa Bayem Kalang, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, harus menjalani perawatan intensif di Puskesmas Geneng karena depresi hebat selama bekerja di luar negeri.

Saat dipulangkan,kondisi Winarti cukup memprihatinkan. Selain tak bisa berbicara, pada bagian tubuhnya ditemukan bekas luka yang sudah mengering. Menurut orangtua korban, Tumiran,48,Winarti menjadi TKW di Malaysia sejak Mei 2007 lalu melalui salah satu PJTKI asal Kabupaten Ponorogo. Selama bekerja di Malaysia, putri pertamanya itu tidak pernah memberikan kabar dan pulang dalam kondisi sakit.

saat dipulangkan, kondisi anak saya sudah cukup berat.Dia kelihatan ketakutan dan sulit diajak bicara. Padahal,saat berangkat dulu kondisinya sehat,”ujarnya. Setiba di rumah,pihak keluarga langsung membawanya ke Puskesmas Geneng guna menjalani perawatan. Kondisi Winarti pun berangsur membaik.Namun,hingga kini dia belum bisa berkomunikasi dan masih perlu perawatan lebih lanjut.

Menurut sang ayah, menjadi TKW adalah cita-cita anaknya. Selama sekolah di SMP II Geneng maupun di SMK STKIP Ngawi, putrinya berprestasi. Winarti nekat menjadi TKW dengan alasan ingin membantu perekonomian keluarga. “Walaupun kerja di Malaysia, dia belum pernah kirim uang. Dia kontak dengan keluarga 15 hari sebelum dia dipulangkan dengan kondisi seperti ini.Selama kontak dia tidak ngomong banyak, kami pun curiga dengan kondisi anak kami,”ujarnya.

Melihat kondisi anaknya seperti itu, pihak keluarga berharap PJTKI yang memberangkatkan anaknya bertanggung jawab dan memberikan bantuan pengobatan. Selain itu,pihaknya berharap pemerintah memberikan Askeskin agar perawatan anaknya dilakukan dengan baik.

Dia mengaku, penyalur tenaga kerja hanya memberikan uang Rp750.000 sisa gaji selama bekerja sebagai pembantu rumah tangga.Dia juga meminta kepada pemerintah untuk memerhatikan nasib TKW yang bekerja di luar negeri seperti Winarti. Sementara itu, dokter di Puskesmas Geneng Ria Isnaini mengatakan,saat ini secara fisik kondisi Winarti sudah berangsur-angsur membaik.

No comments: