Monday, June 16, 2008

PKB GUSDUR KE MA

Pasca putusan PN Jakarta Selatan yang memenangkan gugatan Muhaimin Iskandar, kubu DPP PKB hasil MLB Parung tak ingin ketinggalan langkah.

Selain siap mengajukan kasasi, kemarin (16/6) sejumlah pengurus DPP beserta tim pengacara mendatangi MA untuk mengajukan perlindungan hukum.

Perlindungan yang dimaksud adalah upaya meminta kejelasan dari penilaian berbagai kejanggalan putusan hakim.

''Kami minta penjelasan terutama soal penyebutan nomor pemberhentian Muhaimin yang salah,'' ujar Hermawan Pamungkas, kuasa hukum DPP PKB Parung.

Menurut dia, gugatan yang diajukan seharusnya batal demi hukum karena penyebutan yang salah tersebut. Surat itu bernomor SK 3075, tapi dalam putusan hakim disebut SK 3097.

''Nomor itu substansial. Kalau sampai salah, mengesankan bahwa putusan yang dikeluarkan juga asal-asalan,'' ujarnya.Selain itu, menurut dia, pihaknya meminta kejelasan kepada MA soal ketidakkonsistenan majelis hakim.

Majelis mengakui keabsahan rapat pleno gabungan, tapi kemudian menyatakan hasil rapat yang memberhentikan Muhaimin itu tidak sah.

''Berdasar semua itu, kami yakin akan menang di kasasi nanti,'' tegasnya.Saat mengajukan perlindungan hukum itu, sejumlah pengurus DPP PKB hasil MLB Parung juga turut mendampingi. Di antaranya, Ketua DPP Hermawi F. Taslim, Imam Anshori Saleh, Choirul Sholeh Rasyid, dan Masduki Baidhowi.Sebelumnya, rombongan sempat mendatangi Departemen Hukum dan HAM.

Menurut Hermawi F. Taslim, kedatangannya ke sana semata menegaskan bahwa putusan PN Jaksel tersebut belum mempunyai kekuatan hukum tetap. Karena itu, menurut dia, putusan itu belum mengubah komposisi kepengurusan DPP PKB.Dia menegaskan, Depkum HAM juga tidak bisa menerima usul Muhaimin dan kawan-kawan yang akan memasukkan kepengurusan baru versi Ancol itu.

''Apa mereka itu tidak mengerti hukum?'' ungkapnya. Sebab, menurut Hermawi, proses hukum atas keabsahan MLB Ancol masih berjalan di pengadilan yang sama.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Sekjen DPP PKB Ancol Lukman Edy menyatakan saat ini sedang melakukan persiapan untuk pendaftaran bakal calon legislatif yang akan dibuka 18 Juni besok. ''Kami akan melakukan secara terbuka,'' katanya.

Lukman juga mempersilakan kader PKB pendukung MLB Parung untuk mendaftar.

No comments: