Friday, December 25, 2009

Kondisi Kesehatan Gus Dur Membaik

Sumber Kompas :Jumat, 25 Desember 2009 | 18:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), akhirnya selesai menjalani pemeriksaan rutin cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Jumat (25/12/2009). Setelah diperiksa oleh tim dokter selama lebih dari lima jam dan selesai sekitar pukul 18.00, Gus Dur masih harus menjalani opname di gedung A ruang 116, RSCM.

Menurut istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Gus Dur terpaksa diinapkan selama beberapa hari karena masih dalam proses pemulihan. "Karena dalam tahap pemulihan harus diinapkan dalam beberapa hari," ujarnya, saat ditemui di RSCM, Jakarta, hari ini.

Sinta mengatakan serangkaian pemeriksaan yang dijalani Gus Dur meunjukkan kondisi yang baik. Kadar gula darah yang sebelumnya sempat drop, kini telah normal. Begitu juga dengan tekanan darahnya yang juga menunjukkan kondisi normal. Sinta mengaku, kini Gus Dur juga sudah mahir bicara. "Semua baik, normal. Tensinya juga normal. Kini sudah lancar berbicara," tuturnya.

Selama pemeriksaan, Sinta menjelaskan, suaminya itu mengeluh karena sakit gigi. Tim dokter juga telah melakukan perawatan untuk mengobati sakit gigi tersebut. "Tadi kata dokter, bapak ada keluhan gigi. Tetapi belum dicabut karena kan kalau dicabut kalau sudah tidak sakit," terangnya.

Diketahui, Gus Dur mengalami sakit gigi sejak dua minggu lalu. Hal ini terjadi akibat gusi bagian kanan mengalami pembengkakan. Tim dokter sendiri berharap, baru bisa melakukan pengangkatan gigi pada 2 atau 3 hari ke depan.

Selama menjalani cuci darah, kata Sinta, Gus Dur sempat membaca buku lewat audio book. "Setiap ada waktu beliau (Gus Dur) selalu membaca. Kebanyakan buku internasional dengan Bahasa Inggris," tandasnya.Kini, Gus Dur sedang istirahat di ruang perawatannya.

No comments: