Friday, December 18, 2009

Pelajar Berdzikir di Tahun Baru Hijriyah

Palu,
Ratusan pelajar di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis malam, berzikir untuk memperingati malam pergantian tahun baru Islam 1431 Hijriah. Ratusan pelajar SMP dan SMU tersebut bergabung di sebuah aula di Jalan Tanjung Satu Palu.

Zikir tersebut dipimpin oleh seorang ustadz yang bertausiah sejak pukul 23.00 waktu setempat. Sementara itu peserta dzikir terlihat khusyuk mendengarkan tausiah dan doa yang diucapkan oleh ustadz. Bahkan, terdapat peserta zikir yang mengeluarkan air mata karena larut dalam suasana. Isi utama zikir itu sendiri adalah meningkatkan perbuatan baik dan amal sholeh pada tahun baru ini.

Penggagas acara ini, Isnona, mengatakan acara seperti ini diselenggarakan secara rutin saat pergantian malam tahun baru. "Kita berharap pemuda dan pelajar senantiasa berubah ke arah positif dengan merenungkan kesalahan yang telah diperbuatnya," katanya. Usai menggelar zikir yang berlangsung sekitar dua jam itu, para peserta terlihat masih di lokasi zikir sambil berdiskusi.

Beragam kegiatan umat Muslim di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga digelar untuk menyambut tahun baru 1431 Hijriah. Sejak Kamis sore menjelang malam 1 Muharram 1431 H yang bertepatan dengan 18 Desember 2009, kaum Muslim beramai-ramai ke masjid shalat Maghrib berjamaah, sekaligus mengendarkan ceramah agama terkait penanggalan tahun baru hijrah tersebut.

Perayaan Tahun Baru Islam 1431 Hijriah di Kota Palembang, Sumatra Selatan dimeriahkan pawai akbar yang dilaksanakan ormas Islam, dan aksi menabuh 214 beduk secara serentak dipusatkan di Pelataran Monpera Palembang, Kamis sore. Tadi malam juga diselenggarakan pengajian akbar di Masjid Agung Palembang yang menghadirkan qori dari Mesir, Syech Sayyid Mutawalli, serta para ustad dari Jakarta, kata Ketua Forum Umat Islam (FUI) Sumatra Selatan (Sumsel), Umar Said. (ant)

No comments: