Sunday, December 20, 2009

Pisang Bertandan 7 Gegerkan Warga Banyuwangi

Sumber Detik com :Minggu, 20/12/2009 10:40 WIB

Banyuwangi - Pohon pisang di Dusun Krajan, Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, ini mengundang perhatian warga. Pasalnya, pohon yang ada di halaman milik H Eko Siswanto ini memiliki 7 tandan.

Pohon pisang unik tersebut pertama kali diketahui oleh Sapuan (50), salah seorang karyawan H Eko, sepekan lalu. Selanjutnya, kabar tersebut menyebar dari mulut ke mulut. Warga yang penasaran akhirnya berduyun-duyun ke lokasi untuk melihatnya secara langsung.

"Saya diberitahu karyawan, kalau ada pohon pisang saya berbuah dengan 7 tandan," jelas H Eko pada detiksurabaya.com, Minggu (20/12/2009).

Menurut Sapuan, pohon pisang tersebut ditanam atas perintah H Eko. Tujuannya untuk mencegah lahan di sisi timur penggilingan yang berdekatan dengan sungai longsor. Sapuan tak menyangka jika bibit pisang yang diambilnya dari pekarangan rumahnya tersebut akan berbuah sebanyak itu.

"Saya tidak menyangka kalau pisang itu akan berbuah seperti itu. Bibitnya saja saya ambil anakkan pohon pisang yang ada di rumah," ungkap Sapuan.

Dari pengamatan detiksurabaya.com, ketujuh tandan yang lengkap dengan tongkolnya tersebut tumbuh di satu tempat. Yakni dibagian ujung atas pohon pisang. Ditiap tandannya rata-rata ada sekitar 20 buah pisang.

Ukuran buahnya pun normal, layaknya ukuran buah pisang sejenis, yakni jenis Raja. Diperkirakan pisang ini akan masuk fase matang 3 bulan kedepan.

(bdh/bdh)

No comments: