Wednesday, December 30, 2009

PKB Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA, — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berduka dengan wafatnya Abdurrahman Wahid (Gus Dur), sang pendiri partai yang membesarkan partai tersebut. Bahkan, Ketua Fraksi PKB, Marwan Djafar mengatakan, sebagai tokoh nasional, kehilangan Gus Dur merupakan kehilangan yang dirasakan seluruh bangsa.

Untuk penghormatan bagi Presiden Republik Indonesia keempat itu, PKB akan mengusulkan kepada pemerintah agar Gus Dur mendapat gelar sebagai pahlawan nasional. "Kami akan mengusulkan dan pemerintah harus memberikan gelar pahlawan nasional kepada Gus Dur," kata Marwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/12/2009) malam.

Marwan juga menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan Gus Dur. "Karena Gus Dur bukan hanya milik NU dan PKB, melainkan juga milik bangsa Indonesia. Maka mari kita doakan dan maafkan kesalahan beliau," ujarnya.

Ia berharap, kesan baik yang ditinggalkan Gus Dur semasa hidupnya bisa diteruskan oleh para generasi muda. "Kami yakin akan tumbuh Gus Dur baru yang lebih progresif, dan kita harus mengenang beliau sebagai panglima demokrasi. Proses demokrasi bangsa ini tidak bisa dilepaskan dari jasa beliau," kata Marwan.

No comments: