Friday, May 9, 2008

23 Partai Mendaftar Jadi Peserta Pemilu 2009

Jakarta ) - Menjelang penutupan pendaftaran, sekira 23 partai politik (parpol) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

Pada, Kamis, di Jakarta, ada lima parpol mendaftarkan diri, yakni Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Pemersatu Bangsa (PPB), Partai Buruh dan Gerindra.

Terhitung sejak pendaftaran dibuka hingga Jumat (9/5), sekitar 20 parpol telah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.PKDI menyerahkan berkas ke KPU sekira pukul 10.00 WIB.

Ketua Umum PKDI, Stefanus Roy Rening, ketika diminta pendapatnya mengatakan, partainya siap ikut serta dalam pemilu 2009.

"Pada 2004, partai kami tidak lolos, karena masalah di verifikasi. Sekarang kami betul-betul mempersiapkan diri, agar tidak gagal lagi," katanya.

Ia mengatakan partainya berniat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Sebagai partai milik rakyat kecil, PKDI bertekad memperjuangkan hak-hak rakyat kecil.

Selanjutnya, sekitar pukul 14.00 WIB sejumlah partai datang silih berganti untuk mendaftar yakni Partai Buruh, PPB dan PKS.

PKS menyerahkan berkas pendaftaran sekitar pukul 15.00 WIB. Ketua Badan Pengawas Pemilu PKS, M. Razikun, di sela-sela pendaftaran mengatakan bahwa partainya telah membawa berkas persyaratan kepengurusan partai di 33 provinsi.

Razikun mengatakan, siap mencapai target dukungan suara 20 persen."Kami memiliki kantong-kantong suara di Jabar, Banten, DKI, Jawa, Sumatera, beberapa di Kalimantan dan beberapa Sulawesi, NTB, dan Maluku Utara," katanya.

Sementara itu, Partai Gerindra mendaftarkan diri beberapa saat mendekati jam penutupan pendaftaran.

Proses pendaftaran diiringi dengan arak-arakan massa dan atraksi kesenian tradisional.Sebelum menyerahkan berkas, Ketua Umum Gerindra, Suhardi, mengatakan menargetkan jumlah dukungan suara 15 persen.

"Saya optimistis. Kami telah siap di 60 kabupaten," katanya.Ia menjelaskan, alasan Gerindra ikut serta pemilu adalah keinginan untuk menciptakan Indonesia yang makmur dan bermartabat.

"Saatnya kita berpartisipasi," katanya.Sementara itu, ketika dikonfirmasi tentang nama Prabowo Subianto yang disebut sebagai Calon Presiden (Capres) dari Gerindra, Suhardi mengatakan bahwa partainya belum menentukan.

"Secara resmi belum ada keputusan. Tetapi, di mana-mana ingin Pak Prabowo. Ada suara mengalir di kabupaten tentang keinginan mendukung Prabowo," katanya.

Prabowo Subianto adalah purnawirawan jenderal bintang tiga (mayor jenderal) yang pernah menjabat selaku Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dodiklat) TNI, Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Kini, ia menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

KPU menutup pendaftaran peserta pemilu pada Senin, 12 Mei 2008, hingga pukul 24.00.

Sekretariat KPU mencatat, hingga Kamis (8/5) partai politik yang telah menyerahkan berkas pendaftaran, di antaranya yakni Partai Hanura, Partai Matahari Bangsa, Partai Republiku Indonesia, Partai Persatuan Daerah, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia.

Selain itu, Partai Demokrat, Partai Amanah Sejahtera, Partai Kerakyatan Nasional, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, dan Partai Amanat Rakyat.

1 comment:

infogue said...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://pemilu-2009.infogue.com/
http://pemilu-2009.infogue.com/23_partai_mendaftar_jadi_peserta_pemilu_2009