Friday, May 2, 2008

Azis Mansyur Dijagokan Ganti Gus Dur


Giliran PKB Kubu Muhaimin Gelar MLB
JAKARTA - Dua kubu PKB kini benar-benar memasuki konflik terbuka. Usai kubu Gus Dur menggelar muktamar luar biasa (MLB) di Parung, Bogor, sore kemarin giliran kubu Muhaimin Iskandar melakukan helatan serupa (MLB).

Tidak mau kalah, kubu Muhaimin pun unjuk dukungan. Diperkirakan, tidak kurang dari tiga ribu muktamirin memadati MLB yang dihelat di Krakatau Convention Hall Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Muhaimin Iskandar kemarin membuka sendiri MLB-nya. Tampak hadir, antara lain, pimpinan Pengurus Besar NU. Mereka adalah Ketua PB NU Ahmad Bagja, Mustafa Zuhad, Sekjen PB NU Endang Turmudzi, Wakil Sekjen Taufiq R. Abdullah, Wasekjen Anas Tahrir, Wasekjen Saiful Bahri Ansori, dan Rais Syuriah PB NU Mashuri Na’im. Adik kandung Gus Dur, Lily Chadijah Wahid, juga terlihat duduk di deretan kursi paling depan.

Ketua Panitia MLB Lukman Edy menyatakan, MLB kali ini juga dihadiri 150 kiai khos. Beberapa kiai yang terlihat kemarin, antara lain, KH Abdul Azis Mansyur (Jatim), KH Dimyati Rais (Jateng), KH Mas Yusuf Muhajir (Jatim), KH Muqqorobin (Jatim), KH Muhtadi Dimyati (Banten), dan KH Mahfudz Ridwan (Jateng).

Lukman Edy juga menyampaikan, MLB Ancol dihadiri oleh 31 DPW dan 429 DPC. "Kita juga menyambut baik DPC yang kemarin datang ke Parung untuk ikut MLB di sini," kata Sekjen DPP PKB kubu Muhaimin itu.

Muhaimin Iskandar tampaknya akan dipilih kembali oleh muktamirin dalam MLB di Ancol tersebut. Lukman Edy menyatakan, muktamirin banyak yang meminta Muhaimin ditetapkan lagi sebagai ketua umum dewan tanfidz DPP PKB. "Saya rasa, MLB kali ini akan mengukuhkan lagi Muhaimin," katanya. Muhaimin sendiri menyatakan tidak tahu apakah dirinya akan maju lagi atau tidak.

Memang belum ada kandidat lain yang muncul selain Muhaimin. Namun, Lukman mempersilakan Ali Masykur Musa, ketua umum DPP PKB hasil MLB Parung, untuk mencalonkan diri di MLB Ancol. "Silakan saja, kami terbuka dan akan senang sekali," kata menteri pembangunan daerah tertinggal itu.

Yang menarik justru bursa ketua umum dewan syura DPP PKB. Informasi yang beredar di kalangan muktamirin menyebut anggota dewan syura DPP PKB sekaligus ketua dewan syura DPW PKB Jatim KH Abdul Azis Mansyur menjadi kandidat terkuat menggantikan posisi Abdurrahman Wahid.

Menurut Lukman, ada 18 kandidat ketua umum dewan syura. Selain Azis Mansyur, muncul nama-nama para petinggi NU, yakni Ahmad Bagja, Endang Turmudzi, Syaifuddin Ansor, Mustafa Zuhad, dan Mashuri Ma’im.

Selain itu, kandidat yang lain adalah Abdurrahman Qaharuddin, Mahfudz Ridlwan, Imam Muzani Bunyamin, Amin Abdul Hamid, Tadzkir Mansyur, Nurhadi, Hulaimi Umar, Abdul Hayyi Naim, Abu Ridwan, Mudjib Chudlori, Muhtadi Dimyati, dan Lily Chadijah Wahid.(tom/dyn/yus/mk)

No comments: