Monday, May 12, 2008

PKB Gus Dur Mendaftar ke KPU

Jakarta:Partai Kebangkitan Bangsa kubu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sekitar pukul 14.00 mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum diwakili Ketua Dewan Tanfidz, Ali Masykur Musa dan Sekretaris Jenderal Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid. Mereka diterima anggota KPU Andi Nurpati Baharuddin.

Menurut Ali Masykur, kubu Gus Dur akan maju sebagai peserta Pemilu 2009. Ia optimistis pengadilan akan memenangkan kubunya. Pasalnya, penyelenggaraan Muktamar Luar Biasa di Parung sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai dan Undang-undang No 2 tahun 2008 tentang Partai Politik. ?MLB kan harus diselenggarakan oleh Dewan Syuro, dalam hal ini Gus Dur.

Kalau tidak ada Gus Dur, ya tidak sah,? kata dia, di kantor KPU, Jakarta, Senin (12/5).Saat ini, ada dua versi kepengurusan di PKB. Kubu yang lain diketuai oleh Muhaimin Iskandar. Kemarin, kubu Muhaimin telah mendaftar ke KPU.

Mereka diterima oleh anggota KPU, I Gusti Putu Artha. Turut mendampingi Ali Masykur Musa dan Yenny Wahid sejumlah pengurus PKB seperti Hermawi Taslim, Aris Junaedi. Mereka juga didampingi Ketua Fraksi PKB di DPR, Effendy Choirie, dan anggota DPR dari Fraksi PKB, Abdullah Azwar Anas.

Soal pengajuan calon kepala daerah yang harus menyertakan tanda tangan Muhaimin dan Yenny, Ali mengatakan ketentuan itu tak benar. Menurut Ali, struktur kepengurusan PKB tertinggi ada di dewan syuro, bukan dewan tanfidz.

Sebelumnya, KPU menyatakan calon kepala daerah yang diajukan PKB harus mendapat persetujuan dari Muhaimin Iskandar dan Yenny Wahid. ?Dua nama inilah yang masih terdaftar sebagai ketua umum dan sekretaris jenderal PKB,? kata anggota KPU Andi Nurpati Baharuddin.

No comments: