Thursday, May 15, 2008

Polri Belum Temukan Bukti Demo BBM Ditunggangi

Kamis, 15 Mei 2008 19:35 WIB
JAKARTA, KAMIS - Polisi sampai sekarang belum menemukan bukti ataupun indikasi bahwa demo mahasiswa yang marak di berbagai wilayah di Indonesia menentang rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) ditunggangi oleh pihak ketiga.


"Sampai sekarang belum ada bukti-bukti yang mengarah kesana. Kita bekerja berdasar bukti-bukti. Tidak bisa berdasar asumsi," ungkap Kadiv Humas Mabes Polri IrjenAbubakar Nataprawira, Kamis (15/5).

Sebelumnya Kepala Banda Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar melontarkan tuduhan adanya mantan pejabat atau menteri yang menunggangi demo mahasiswa untuk menolakrencana pemerintah menaikkan BBM.

Menurut keterangan Abubakar, Kapolri sejak dari awal mendengar rencana pemerintah menaikkan harga BBM sudah menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untukmelakukan antisipasi dan deteksi dini terhadap gejolak masyarakat yang bakal mengganggu keamanan.

Berbagai langkah antisipasi tersebut diantaranya adalah melakukan patroli rutin ke berbagai tempat rawan, melakukan operasi penimbunan BBM dan sembako, mengamankan distribusi sembako dan BMM, sehingga tidak sampai terjadi kelangkaan, dan menerjunkan intelijen polri untuk melakukan deteksi dini.

"Sampai sekarang belum ada laporan dari manapun yang menyebutkan adanya indikasi ataupun bukti-bukti demo mahasiswa ada yang menunggangi," katanya.

Bila nanti ditemukan bukti-bukti ataupun indikasi kuat demo mahasiswa ditunggangi oleh kepentingan lain, Polri akan menindak tegas. "Ya kalau sudah ada bukti-bukti kuat mereka ditunggangi oleh kepentingan lain, jelas kita tangkap. Jelas kalau sudah ditunggangi kepentingan lain akan mengganggu stabilitas dan keamanan," tandasnya.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Sutanto juga sudah menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas bila ditemukan provokator yang menunggangi demo mahasiswamenolak BBM

No comments: