Wednesday, May 21, 2008

BEM se-Indonesia Minta Dukungan FKB Tolak Kenaikan BBM

Perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menemui Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR, Effendy Choirie, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (21/50).

Mereka meminta dukungan FKB untuk menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).Effendy mengatakan, pihaknya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan para ulama setuju dengan perjuangan mahasiswa menolak kenaikan harga BBM.

Bahkan, jika kenaikan harga BBM itu terjadi dan justru menyengsarakan rakyat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla dapat diberhentikan.Anggota FKB lainnya, Ario Wijanarko dan Abdullah Azwar Anas, turut menemani mahasiswa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR-MPR RI.

Mereka berorasi dan menegaskan bahwa FKB secara tegas menolak rencana kenaikan harga BBM.Tampak pula di antara mereka, Yuddy Chrisnandi (Fraksi Partai Golkar), Ade Daud Nasution (Fraksi Partai Bintang Reformasi) dan Jeffry Massie (Fraksi Partai Damai Sejahtera. Para wakil rakyat tersebut melakukan kontrak politik dengan mahasiswa untuk menolak kenaikan harga BBM.

Dalam aksinya, mahasiswa membacakan isi Tugu Rakyat antara lain: 1. Nasionalisasi aset-aset strategis bangsa, 2. Wujudkan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi rakyat, 3. Tuntaskan kasus BLBI dan korupsi Soeharto beserta kroninya, 4. Kembalikan kedaulatan bangsa pada sektor pangan, ekonomi dan energi, 5. Jamin ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan pokok bagi rakyat, 6. Tuntaskan reformasi birokrasi dan berantas mafia peradilan, 7. Selamatkan lingkungan dan tuntaskan kasus lumpur Lapindo.

No comments: