Saturday, May 3, 2008

Effendy Choirie Tantang Buka-bukaan

JAKARTA - 04-Mei - 2008 Klaim MLB Muhaimin Iskandar yang menyatakan diikuti 33 pengurus wilayah dan 300-an pengurus cabang membuat PKB Ali Masykur meradang. Apalagi sebelumnya, ada pernyataan bahwa banyak pengurus cabang dan wilayah (DPC/DPW PKB) yang sudah dibekukan kemudian dihidupkan lagi. Kubu Ali Masykur menilai hal itu melanggar hukum dan bertentangan dengan AD/ART PKB.

Menurut A. Effendy Choirie, ketua pelaksana MLB PKB Gus Dur, ukuran keabsahan MLB sesuai AD/ART PKB harus disetujui sekurang-kurangnya 2/3 pengurus cabang/wilayah. Kedua, pengundang MLB adalah pengurus DPP, dalam hal ini ketua umum dewan syura, sekretaris dewan syura, ketua umum dewan tanfidz, serta sekretaris jenderal. Ketiga, undangan ke cabang/wilayah harus disampaikan sekurang-kurangnya tujuh hari sebelum pelaksanaan MLB oleh pengurus.

Persyaratan lainnya, MLB harus dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 delegasi dari PC/PW yang mendapatkan mandat resmi. PC/PW yang memberikan mandat itu juga harus memiliki SK sah dari DPP PKB. SK tersebut ditandatangani ketua umum dewan syura, sekretaris, ketua umum dewan tanfidz, dan sekretaris jenderal.

Dengan AD/ART tersebut, Effendy menilai MLB PKB di bawah kepemimpinan Gus Dur-lah yang sah. Sebab, permohonan MLB dari cabang/wilayah, undangan DPP PKB, dan status peserta sudah seusai AD/ART. "Kalau berani, saya tantang mereka untuk membuka file proses permohonan cabang/wilayah, undangan MLB, dan kepesertaan. Setelah itu, kita umumkan kepada masyarakat," katanya saat ditemui di Kantor DPP PKB Kalibata, Jakarta, kemarin (3/5).

Dia menambahkan, dari sisi undangan, MLB Muhaimin cacat hukum. Sebab, pengundang bukan DPP, tapi panitia yang diketahui Muhaimin. "Saya yakin status kepesertaannya lebih abal-abal. Ibaratnya, hantu balau pun bisa diberi baju untuk dijadikan peserta MLB PKB Muhaimin," tegas ketua DPP PKB itu.

Effendy juga mengaku namanya dicatut sebagai salah seorang panitia MLB Muhaimin. Padahal, jelas-jelas dirinya menjadi ketua steering committee MLB PKB Gus Dur. "Kalau mencermati susunan kepanitiaan MLB PKB Muhaimin, saya selaku ketua pelaksana MLB PKB yang sah ternyata dicatut menjadi panitia mereka," ujarnya. (cak/fat)

No comments: