Sunday, May 18, 2008

Hasyim Muzadi: Partai Bernuansa NU Jangan Buat Problem di NU

Malang - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KHA Hasyim Muzadi meminta parta-partai yang bernuansa dan mengambil massa dari NU agar tidak membuat problem di tubuh NU.

"Saya minta jaminan partai-partai yang bermassa NU untuk tidak memecahkan dan merenggangkan jamiyah, apalagi sampai membuat problem, maka PBNU akan mengambil tindakan," katanya usai menerima kiai khos dari Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) di kediamannya di komplek Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al-Hikam Malang, Jatim, Minggu sore.

Ia mengharapkan agar parta-partai yang bernuansa dan mengambil massa NU merupakan partai yang mampu mengurus negara dalam bingkai kebangsaan. "Itu yang diperlukan NU," katanya menegaskan.

Pengasuh Pesma Al-Hikam itu menegaskan, jangan sampai terjadi trauma seperti terhadap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang baru empat tahun sudah retak, karena secara visioner, misioner, dan kepemimpinan jauh dari angan-angan yang diimpikan seperti ketika didirikan

.Menyinggung kedatangan para kiai khos (sepuh) di kediamannya, mantan Cawapres pasangan Megawati Soekarnoputri itu, mengatakan, para kiai sepuh/senior yang menjadi pendiri dan penasehat PKNU itu menyampaikan informasi jika PKNU sudah lolos verifikasi sehingga akan ikut Pemilu 2009.

Selain itu, katanya, para kiai sepuh tersebut juga minta restu pada PBNU, karena secara legal formal partai tersebut sudah sah. "Kedatangan beliau-beliau itu juga minta pandangan-pandangan dari PBNU tentang perjalanan PKNU itu sendiri," katanya.

Oleh karena itu, katanya, dirinya menyampaikan bila PKNU harus mengambil posisi sebagai jami`yah/organisasi yang amanah/dapat dipercaya dan ulama PKNU hendaknya tidak terlibat terlalu jauh dalam berpolitik, sebab masalah politik sudah ada yang menangani sendiri.

Para kiai sepuh tersebut diantaranya adalah KH Abdullah Faqih (Langitan-Tuban), KH Anwar Iskandar (Kediri) dan KH Abdurahman Chudlori (Magelang), sedangkan beberapa kiai sepuh lainnya seperti KH Idris (Lirboyo-Kediri) dan KH Mas Subadar (Pasuruan) menitipkan mandat kepada para kiai yang hadir. Mereka didampingi Rois Syuriah PWNU Jatim, KH Miftachul Akhyar (Surabaya).

No comments: